Tupai kelapa adalah binatang pengerat 🐹
Sejenis tikus dan bisa juga dibilang tikus pohon atau tikus Hutan.
Bentuknya yang imut dengan bulu buntutnya yang tebal coklat keemasan dengan garis pinggiran putih hitam dan orens di dadanya serta tingkah lakunya yang terkadang bikin kita geli itu yang buat saya tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini karena tergolong unik.
Untuk pemeliharaan Tupai kelapa sendiri tergolong sangatlah mudah...tidak perlu penanganan yang rumit.

Berawal dari kecintaanku terhadap hewan pengerat yang satu ini dimulai dari hobi menembak bersama teman satu team...
hampir setiap minggu kami berburu burung serta Tupai di kebun karet atau sawit karena hewan ini tergolong hama bagi para petani dan masih banyak tersebar di Sumatera khususnya daerah Jambi.dan hasilnyapun lumayan banyak untuk kami panggang setiap malam minggu bersama teman teman...

Sebelumnya saya suka daging Tupai karena tekstur dagingnya lembut serta mempunyai khasiat tersendiri,asal pandai cara ngolahnya.
Namun seketika semua terhenti semenjak saya mendapat anak Tupai dari teman saya yang kira kira Tupai masih berumur 4 minggu di januari 2017 dengan mata yang masih tertutup.saya mulai merawat ala kadarnya dengan memberikan makan bubur SUN bayi saset rasa pisang hingga Tupai tumbuh kembang.sampai keluar kota seminggu sekalipun saya bawa dalam box travel.

Name EZO umur 5 minggu.

Silakan klik beberapa gambar dibawah ini :


Lihat juga cara memberi susu anak tupai 6 minggu dibawah ini.



Kini Tupai saya sudah besar sudah bisa saya ajak main lepas dalam kamar setiap hari.


https://youtu.be/rBdm_S32RJQ


Keunikan Tupai kelapa ini tidak seperti sugar gleader ataupun Tupai terbang lain yang dominan main dimalam hari...tupai kelapa tergolong hewan siang dan tidur dimalam hari dan lebih lincah agresif ketimbang sugar gleader,ajaklah Tupai anda bermain dibahu anda sesekali diwaktu senggang setiap hari agar ia tidak stres disarankan untuk memakai kaos lengan panjang ya dan ajaklah komunikasi sesekali seperti panggil namanya agar ia mengenali lebih akrab suara dan bau badan anda.keunikan tupai kelapa suka mengumpulkan makanan kedalam tempat tidurnya untuk dimakan sewaktu bersantai dan owner Tupai kelapa ini masih minim tidak sebanyak sugar gleader.ukuran Tupai kelapa bisa tumbuh 2x dari sugar gleader.harganya kalaupun ada di pedshop atau dipasar hewan tergolong murah mulai dari 50 rb - 100rb/ekor.dan biaya perawatanya tidak begitu mahal hanya 10rb/ pakan sebulan.karena yang mahal itu harga kandangnya 😄.

Untuk pemeliharaanya bagi pemula.
Disarankan untuk melihat kondisi kesehatan Tupai sebelum anda membeli,apakah Tupai itu lincah atau lesu.kalau lesu jangan dibeli karena kita gak tau dia sehat atau sakit 😷 karena Tupai gak bisa ngomong.

Disarankan untuk memelihara Tupai dari anakan berumur 3minggu keatas kalau bisa matanya masih tertutup,sebab gampang jinaknya ketimbang kita beli yang udah gede agak lama jinaknya sebab terbiasa hidup liar.untuk pemeliharaan Tupai anakan ini dibutuhkan ketelatenan Xtra sebab jika kurang perhatian maka anak Tupai tidak akan bertahan lama dengan kehidupan yang keras oleh pengasuh tirinya.

Umur 4 bulan

Tupai umur 9 bulan
Silahkan klik video dibawah ini



Tonton juga yang satu ⬇⬇⬇




HAL yang perlu diperhatikan adalah.
Selalu menjaga kebersihan kandang dari kotoranya yang menumpuk. karena membiasakan Tupai hidup bersih akan selalu membuatnya sehat dan mengurangi bau badan yang menempel pada bulu Tupai.
Mandikan Tupai seminggu sekali atau dua kali seminggu dengan air hangat setiap pagi atau sore agar Tupai terbiasa bersauna ria dan jemur sebentar dibawah matahari pagi atau anginkan dia ditempat yang hangat agar bulunya kering,disarankan untuk menggunakan sampo babby karena sampo babby lembut dan tidak panas di kulit,agar tidak membuat bulunya rontok.dan jangan lupa untuk rajin memotong ujung kukunya saja agar kulit kita tidak Baret.

KEBIASAAN Tupai kelapa.
Sejauh perawatan yang saya lakukan...kita sebagai pemilik hewan Peliharaan tentu lebih memahami tingkah laku hewan kesayangan, apalagi meliharanya dari kecil...Tak jarang saya melihat apabila Tupai dilepaskan dari kandang maka ia akan menggosokan giginya kelantai atau dinding..gunanya untuk mengasah giginya yang cepat tumbuh memanjang dan itu penting sekali agar gigi Tupai tidak memanjang berlebihan,bila ini terus dibiarkan maka gigi tersebut dapat menembus daging pada permukaan mulut,dan bila gigi tersebut dalam keadaan panjang maka Tupai akan kesulitan untuk menelan makananya.itulah kenapa Tupai sering sekali menggigit benda keras yang ada di sekitarnya dan disebut sebagai binatang pengerat.
Selain itu uniknya Tupai ini selalu mengumpulkan dan membawa makanan kecilnya kedalam sarang tidurnya sebagai cemilan santai.gunanya agar Tupai tidak merasa kedinginan saat malam hari sebab dengan ukuran tubuh yang kecil Tupai memerlukan karbonhidrat untuk membakar kalori dengan cepat agar kondisi tubuhnya tetap hangat.
Dan jangan letakan kandangnya pada suhu yang hangat karena Tubuh Tupai akan cepat dehidrasi dengan begitu ia akan meronta karena tidak nyaman pada suhu ruangan.
Jika suasana hati Tupai sedang bahagia ia memiliki berbagai macam suara tiruan yang mungkin tidak kita sangka.seperti berbagai suara burung maupun suara anak monyet.

MAKANAN KEGEMARAN TUPAI.
Tupai kelapa termasuk jenis Omnivora namun dengan demikian tidak semua berlaku kita berikan kepada Tupai kesayanganmu sesuka hati ya...ada beberapa makanan yang musti kita hindari agar tak mengganggu pencernaanya.
Untuk lebih sehat dan higienis berikan selalu buah buahan segar yaaa bukan buah buahan plastik heeee...

1.BUAH PISANG.
Buah ini cukup baik dan mempunyai tekstur lembut bila diberikan kepada Tupai,apalagi yang sudah berumur 2 bulan karena dalam keadaan proses penumbuhan gigi,dan sangat digemari Tupai,tapi jangan lupa untuk selalu cek kebersihan kandang dari sisa sisa pisang karena rentan mengundang semut.

2.BUAH KELAPA.
Yaaa buah kelapa..
Sesuai dengan jenis Tupainya... Daging buah kelapa sangat digemari Tupai kelapa karena kelapa mengandung kadar lemak tinggi yang dibutuhkan oleh Tupai biar cepet gemuk.selain itu daging buah kelapa membantu proses pertumbuhan gigi Tupai dengan baik.

3.BUAH PEPAYA.
Dalam keadaan benar benar matang.Buah ini cukup baik dan mempunyai tekstur lembut bila diberikan kepada Tupai,karena rasanya yang manis.apalagi yang sudah berumur 2+ bulan karena dalam keadaan proses penumbuhan gigi,dan sangat digemari Tupai,tapi jangan lupa untuk selalu cek kebersihan kandang dari sisa sisa pepaya karena rentan mengundang semut.

4.BUAH JAMBU.
Siapa yang tak kenal buah jambu?
Ada jambu bold,jambu biji,jambu air dan jambu mente alias jambu monyet.
Ternyata Tupai juga paling doyan tuh
Pilihlah jambu biji yang benar benar matang dan pisahkan biji dari daging buahnya.jika ingin memberikan makan Tupai dengan jambu air juga boleh tapi jangan berlebihan karena urin/kencingnya lebih berbau tajam /pesing,beda dengan jambu biji yang dominan urinya berbau khas jambu biji.

5.BUAH TIMUN.
Irisan buah timun didapur dapat jadi selingan makanan santai bila tak ada buah lain.

6.BUAH KURMA.
Berikan 1 biji saja sebagai selingan

7.BUAH DUKU.
buah DUKU dengan rasa yang manis cukup diminati kalangan Tupai.

8.BUAH DURIAN/DUREN.
Berikan secukupnya kepada Tupai tidak berlebihan karena dapat mengundang semut.

9.BUAH COKLAT/COCONUT.
Dapat diberikan sebagai alternatif pilihan jika buah benar benar matang berwarna kuning dan berasa manis.

10.BUAH BELIMBING BINTANG.
Buah belimbing yang matang dan manis juga baik untuk Tupai.

11.BUAH MANGGA.
Buah mangga yang manis sangat digemari Tupai tapi kandangnya akan berbau pesing bila tak segera dibersihkan.

12.BUAH RAMBUTAN.
Siapa sih yang gak kenal buah yang satu ini.?
Yaaa buah khas hutan tropis ini mampu merebut selera makan bagi Tupai kesayangan anda.

13.BUAH JAGUNG
Jagung pun bisa dibuat jadi makanan pokok Tupai, dan mengurangi bau pada kandang .

SELAIN BUAH BUAHAN anda juga bisa memberikan makanan selingan seperti:
-Potongan batang tebu.
Dengan rasanya yang manis Tupai bisa melatih pertumbuhan dan membersihkan gigi.
-Potongan kecil bunga kol atau brokoli.
-Beberapa toge atau kecambah.
-Potongan kacang panjang.
-Potongan kecil roti manis atau kue bolu.
-Boleh juga diberikan ulat hongkong hidup maupun kering sebagai protein nutrisi.
-Boleh juga diberikan pakan burung merk gold coin berwarna hijau sebagai cemilan snack.
-Boleh diberikan multivitamin mineral agar nafsu makanya bertambah.
-Boleh diberikan minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulunya yang lebat.
-Boleh juga anda berikan nasi bertekstur lembut sebagai selingan.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARKAN. 
Makanan yang sebaiknya tidak diberikan yaitu berupa buah yang mempunyai cita rasa asam.buah semangka,coklat batang,makanan yang mengandung minyak goreng serta makanan yang mengandung garam.

MINUMAN YANG BOLEH DISAJIKAN.
-bila ingin memberikan susu sebaiknya pilihlah susu encer bukan susu karamel.
-Memberikan minum air kelapa cukup baik karena air kelapa selain manis juga banyak khasiatnya bagi stamina Tupai anda.
-Memberikan air teh manis juga boleh tapi tidak berlebihan yaaa ntar kencing manis heeeeeeeee
-Berikan sedikit madu juga boleh.
Diantara beberapa minuman tersebut cukup baik bagi Tupai kesayangan anda tapi dianjurkan berikan Tupai kesayangan anda air mineral atau air putih sebagai minuman pokok.sebab minuman manis akan membuat Tupai cepat merasakan haus atau dehidrasi...maka dari itu cukuplah air putih sebagai pengganti ion tubuh.
HINDARI dari minuman yang mengandung alkohol,Coffee,serta minuman yang mengandung pemanis buatan.

Itulah beberapa jenis pakan dan minum yang baik untuk diberikan kepada Tupai,alangkah baiknya dalam satu kandang Tupai diberikan beberapa jenis makanan berbeda tidak monoton,itu lebih baik dan akan memberikan nuansa hati Tupai ceria tidak bosan dengan makanan harinya.

PEMILIHAN KANDANG YANG BAIK.
Jika kalian tidak memiliki uang yang cukup silakan pilih ukuran kandang kucing di pedshop atau bikin sendiri dirumah lebih bagus,karena bila bikin sendiri ukurannya sesuai dengan harapan kita.kandang yang besar tentu membuat Tupai senang bergerak leluasa di tempat yang luas karena Tupai kelapa dominan hobi memanjat dan melompati dahan.
Jika ingin dibawa bepergian pilihlah kandang mini hamster atau satu set dengan tas box travel.jika kita memilih kandang dari plastik maka tidak akan menjamin kandang tersebut akan bertahan sebab Tupai akan menggerogotinya.

TRAVEL BAG

Tutorial untuk membuat tempat tidur tupai dan sugar gleader yang murah meriah
Silahkan klik video dibawah ini



Dan jangan lupa ajaklah Tupai anda bermain walau hanya sebentar saja dilepas dalam ruang luas tertutup agar Tupai akrab dengan tuanya.

LANGKAH UNTUK MENJINAKAN TUPAI.
Tupai kelapa tergolong hewan yang tidak suka dengan keramaian sebab gampang stress dan tak jarang mungkin mati mendadak.
Oleh karena itu bila kita memelihara dari kecil usahakan untuk dibiasakan meletakkan kandang ditempat yang mana orang sering berlalu lalang/lewat.atau letakan dekat dengan televisi gunanya agar Tupai tidak takut atau stres kepada orang baru serta bunyi kendaraan yang lewat disampingnya.
Selalu berikan makanan dengan tangan anda sambil memanggil nama panggilan Tupai anda.
Komunikasi setiap hari itu penting agar Tupai mengenali suara dan bau keringat majikannya.



https://youtu.be/kmDLfq3ySCw





Menjemur Tupai saat pagi dan sore hari


Sedang tidak mod.click⬇⬇⬇


hiburan :Film Perang Tupai ⬇⬇⬇



Demikianlah sajian artikel tentang Tupai kelapa dari saya semoga dapat bermanfaat bagi teman teman yang ingin sekali memelihara Tupai untuk pertama kalinya.

SUPER SQUIRREL

Baca juga artikel saya selanjutnya
Tips memelihara kura kura 
Di: -
Http://eseiko13.blogspot.com


Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran dibawah ini.

Comments

  1. permisi pak, saya kemarin nemu tupai anakan. saya pikir udah bisa makan buah2an. saya kasih pisang, kelapa, belimbing, jagung juga, tapi dia cuma minum air gula. saya takut dia kelaparan aya belikan susu sun yg bapak rekomended gak mau. cuma mau minum air gula... gimana ya pak? apa tidak apa2?

    ReplyDelete
  2. Pak kalo susu yg dikasih ke tupai yg udah tumbuh bulu susu apa ya?

    ReplyDelete
  3. Kak dot nya dmana bisa membelinya.. dot apa namanya kak

    ReplyDelete
  4. Hi Selamat Pagi mas masku
    teman kamu pada menang puluhan juta
    ayo giliran kamu! menangkan sekarang juga
    Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    judi poker

    ReplyDelete
  5. Kak selain susu kucing sama anjing bisa ga? Kaya susu dancow atau apagitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kasih susu SGM tapi yang usia 0-6 bln,,

      Delete
  6. ASSALAMUALAIKUM
    SALAM SEJAHTERA
    Sy ingin sekali pelihara tupai
    Apa ada yg bisa bantu?
    Sy ingin membelinya

    ReplyDelete
  7. Pak klo beli tupai supaya jinak umur brapa?? Soalnya sy cari² di psar hewan paling kecil umur 3bulanan,apa bsa jinak??
    Infonya,pak,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa gan..saya dapat anakan tupai umur 4 bulan malah..tangan saya ampe kebal digigitin mulu..tp krna sering2 saya ajak main, sekarang malah jinak banget.. manjaa malahahan..kalo ga di ajak main dia teriak2 di kandang.. hehehehe

      Delete
  8. Kalo masih belum melek, bajingnya dikasih susu aja(gak dikasih bubur sun) apa boleh?

    ReplyDelete
  9. Saya memelihara bajing/tupai kelapa dirumah dari umur lebih kurang 1 bulan sampai sekarang sudah berumur 1 tahun. Apakah kalau dilepas di alam bebas, dia bisa bertahan hidup dan bisa bersosialisasi kembali dgn binatang sejenisnya? Mengingat bahwa bajing/tupai kelapa saya itu saya pelihara di dlm rumah saja selama ini. Mohon bantuan sharing nya...
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya gak bisa, biasanya kalau sudah lama dipelihara dia cendrung akan kembali lagi ke tempat dia dipelihara dan kalau sudah lama dipelihara apa lagi sudah jinak dia akan susah bertahan hidup karna naluri liarnya sudah sedikit hilang

      Delete
  10. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Gan aku pnya tupai umurnya kira" 3 bulanan baru beli, dia kalo dipegang knpa ya suka lari, gk nurut, gmna caranya biar dia nurut gan pas dipegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering sering ajak main, kasih makan langsung dengan tangan dan jangan meninggalkan makanan di kandang kalau mau cepet nurut

      Delete
  12. Bisa susu Frisian Flag kalenhan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai pengalaman aja ya gan ...
      Susu kaleng itu takutnya ga cocok buat si bayu bajing ...
      Agan coba kasih susu dancow sachet aja kebanyakan tmn n breeder biasanya kasih itu , tp kalo mau aman mending di kasih susu ESBILAC (susu anjing ) / KMR (susu kucing) , itu kandungan gizi nya hampir sma kaya susu asi bajingnya

      Delete
  13. Sore Saya Blogger baru , tulisannya bagus bang esseiko bisa jadi contoh buat penulis baru seperti saya salam kenal bang , mohon di kunjungi juga ya https://ceritakronion.blogspot.com/2019/04/cara-memelihara-bajing-kelapa.html

    ReplyDelete
  14. saya nemu baby tupai kira2 umur 4 minggu juga, aktif bgt bang... dia sampe bisa jalan keluar boxnya padahal badannya sampe kedinginan gitu... saya kasih makannya bubur bayi tapi bukan rasa pisang susu( tapi rasa kacang ijo) gpp kah bang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kiat memilih Ayam Bangkok Pembunuh yang Brutal

NYAMUK RAKSASA